RSS

Minggu, 07 Maret 2010

DecLare Ur Luv b4 it’z tOo LatE…(Resensi Pilem MERANTAU)

Beh, pas pertama kali baca kalimat ini, sense touching banget. Bikin merinding…pas itu di kovere novel yang judule Love is Cinta. Kapan ya? Pas kelas akhir Aliyah kayaknya…Jadi ceritane tu, nyatain cinta itu harus pake timing..Dak boleh terlalu awal dan dak boleh terlalu ngasep. Ntar dibilangin, Don’t say you love me, you don’t even know me,,,kayak M2M. itu yang kasus terlalu awal. Untuk yang terlalu ngasep, banyak kasusnya. Selain ceritane Bagas, ada juga ceritane Ryan. Jadi intine dua orang itu harus merelakan cintanya ga tercapai hanya karena ngasep ngucapin cinta. Dari dulu suka ngulur-ngulur waktu dan dak ngasih ketegasan. Pas mau bilang, waktu uda nda mengidizinkan..

Yap. Ternyata faktor timing itu juga menentukan banget…Harus proporsional emang, memperlakukan waktu yang dak sama sekali mau peduli ma alur kehidupan manusia. Eits, daritadi ternyata lagi ngomongin cinta. Sok sweet kalo gene ceritane. Mmm…sebenere ini semua ingin aku mulai setelah aku abis nonton sebuah pilem laga yang masih agak fresh, judule MERANTAU. Jadi, ada adegan –yang sebenere merupakan adegan inti—yang nyiratin kalo…menyatakan cinta itu emang harus disiasati biar timingnya enak. Beh, adegan ini sukses bikin aku tersedu sedan mpe tereak ga karuan…

Bayangin aja, dari sudut pandang aku sebagai perempuan, ngenesin banget pas ada seorang cowo yang luar biasa bela-belain dan jagain kita abis-abisan, e…ternyata baru menyatakan cinta sesaat sebelum menghembuskan nafas terakhirnya. Beh, speechless kalo gitu kejadiannya…aku ajah yang nonton seorang diri waktu itu berderai-derai dengan air mata yang melompat satu persatu. Huuuuuuuuuuu…Ngenesin banget. Ga tau kenapa. Pernah ngerasain kejadian serupa ndak juga, ngebayangin seseorang ndak juga, tapi intine aku terenyuuuuuuh banget pas nonton adegan itu..

Mana ngomongnya formal banget pula, “SAYA SAYANG SAMA KAMU”..Beh..keren gile ini emang, sebuah kalimat pendek yang kadang sulllllllllllllllliiiiiiit banget diucapkan. Ada gengsi lah, ada ragu lah, ada ga pede lah, dan ada hal-hal lainnnya.

Ok, yang juga terkesan sangat formal dari pilem ini adalah judulnya, “MERANTAU”. Temen kelasku yang bernama Oka, hari itu kebetulan maen ke kos dan kami saling bedah lepi masing-masing. Dia cekikikan nonton kawin kontrak dua di biibii, eh akunya malah setengah idup setengah mati nonton MERANTAU di lepinya. Hmhmh…pas itu aku emang loyo banget. Semalem sebelumnya aku nonton pilem India yang beberapa adegannya sukses bikin aku nangis pas dinihari terus sulit tidur mpe jam tigaan pagi. Di kelas SKH II, aku seakan dak bisa melek barang lima detikpun tanpa menguap…

Bale lagi ke suasana kamar kosku di Selasa yang—masyaAllah—sangat panas itu, aku akhirnya tertidur dengan lepi yang terus menyala. Cape dan ngantuk banget waktu itu..Aku nyenyak pwol hingga Oka membangunkanku untuk pamit pulang. Hmhm…Aku belum sempat menyelesaikan nonton pilem itu sampe habis, lepinya uda keburu mau dibawa pulang dan akupun belum sempat mikir untuk ngopy ke biibii. Oka pulang, aku tidur lagi. Eh, abis itu aku kepikiran banget ma lanjutan pilem itu…

Sebenere awalnya ga ada yang menarik dan berbeda dengan pilem2 yang uda biasa aku tonton. Cuma karena pilem ne adalah karya anak negeri, mau dak mau aku apresiasi. Apalagi aku sukanya cuma pilem Indo ma pilem Inggris. Si Oka juga bilang kalo pilem ne baru rilis. Jadi aku bisa dak gitu ketinggalan jaman kalo segera nonton pilem ini. Dipiki2 juga, ne pilem bakal keren soale ada penampilan spesial dari Kristine Hakim, senior penggiat seni peran di Indonesia yang uda berkali-kali dapet award di bidang yang digelutinya ini…

Dan tentunya, cerita yang diangkat di sini itu dak jauh beda dengan kehidupanku selama empat tahun belakangan. Aku berpisah jauh dari orang tua, berjuang dan belajar di negeri orang, dan…Ya, berusaha belajar tentang hidup di tempat yang jauh dari tempat aku dilahirkan dan kemudian dibesarkan. Cuma mungkin yang bikin beda ma Yuda (tokoh utama) dalam pilem itu, aku merantau itu semata-mata karena keinginanku dan pernah karena keadaan yang memaksa. Tidak seperti Yuda yang mengikuti adat Minangkabau, salah satu di antara aturannya mengatakan bahwa lelaki yang sudah beranjak dewasa harus belajar banyak tentang kehidupan di tanah perantauan. Seperti halnya orang tua Yuda di pilem itu, ortuku sebenere juga ga gitu ngedukung aku untuk jauh dengan mereka. Dualisme juga mungkin, mereka takut aku kenapa2 (apalagi karena aku perempuan, kabarnya) namun di sisi lain mereka juga ingin aku belajar banyak tentang kehidupan dengan menapaki proses yang…Hm…Mungkin mengharuskan aku mengandalkan diriku sendiri…

Dan beberapa hal itu cukup jadi alasan untukku segera menggandakan file pilem itu ke biibii..seperti biasa aku nonton seorang diri, bertemankan riuh ramai monolog batinku..

Ok, Yuda. Yuda itu adalah seorang penggiat silat. Dia uda lumayan mahir dalam olahraga ini dan sampai di Jakarta, Yuda berniat ingin mengamalkan ilmunya ini sekalian cari duit. Niat yang luhur memang, namun sayang Jakarta tak seramah yang dibayangkan Yuda, setidaknya dalam kasus yang menimpa Yuda. Buat aku, apa Jogja senyaman yang aku bayangkan sebelumnya? Jawabannya…ga seperti yang aku bayangkan ajah. Banyak hal mengejutkan terjadi di kota ini..Plus minusnya. Jogja ga seserem yang aku bayangin namun juga ga seramah yang aku bayangin. Ya, sebatas penilaianku ajah…apalagi dibandingkan dengan keadaanku pas hanya bisa ngebayangin,,jogja tu kayak apa ya,,,?

Yuda belum lama sampe di Jakarta. Ternyata sosok ne ini dak kayak aku dulu pas baru sampe Yk. Dia punya komitmen kuat untuk bertahan dengan prinsip yang dibawanya dari rumah. Pas itu ditawari salah seorang temennya untk mencari nafkah di sebuah tempat yang –aku ndak jelas juga gimana—insyA ga gitu bae…dia menolak dengan tegas meski uda dirayu dengan seribu jurus ampuh. Dulu sich, aku dak segitu oonnya. Cuma…aku emang ngersa shock ajah dengan keadaan Yk yang sama sekali berbeda dengan suasana di tempat2ku sebelumnya. Jadinya pas itu dak kerasan, karena juga dak tau harus ke mana dan ngapain, selain kuliah..

Ok, kembali ke Yuda. Cowo yang sebenere ga gitu cakep tapi kalo diliat2 malah ngademin ati ini dak sengaja terlibat dalam sebuah skenario yang mempertemukannya dengan seorang cewe yang cukup cantik…above standard lah, dalam hematku. Jadi adik cewe itu (namanya Adit) berusaha nyolong dompete Yuda, kemudian berhasil kekejar Yuda, dan akhirnya Yuda ketemu ma kakak si Adit (yang namanya Astri). Tu pertemuan pertama mereka dan di sni si Yuda uda jagain dan belain cewe yang sama sekali dak dikenalnya itu abis-abisn..dengan segenap jiwaraganya. Hm, jadi pas tu si Astri lagi tengkar sama orang yang mempekerjakannya –sebagai penari kalo ga salah—mengenai DOIT gitu. Dasar si Yuda punya ilmu silat yang mumpuni, dia dak butuh banyak proses untuk melumpuhkan cowo yang nyiksa Astri gitu…

Bukannya berterimakasih, si Astri malah marahin Yuda atas tindakannya itu. Ga tau berterimakasih banget emang waktu itu, kesannya. Aku bisa bayangin posisi si Astri saat itu berada dalam dua kutub yang berketegangan. Di satu sisi, dia lega karena selamat dari cengkeraman orang yang –sebenere—hanya mau mengeksploitasinya, namun di sisi lain, dia juga khawatir karena di terancam kehilangan pekerjaan. Si Astri ne tipe cewe yang keras juga, mungkin karena kehidupan dia yang emang juga keras. Jadinya ya gitu..dia malah dengan lantang bilang sama Yuda, “Puas, low, jadi pahlawan kesiangan gue!!!”

Sadis banget emang…Aku dak tau kapan Yuda mulai tertarik pada Astri, atau mungkin sebaliknya juga. Cuma setelah kejadian itu, secara –lagi-lagi—karena dak sengaja dipertemukan oleh skenario Tuhan, dan kembali lagi si Yuda menjadi pahlawan bagi Astri. Pas itu, Yuda dengan pesonanya, bilang, “Kamu gak papa?” duh…dan saat itu, si Astri kayaknya uda mulai terenyuh gitu, dengan sikapnya Yuda yang beh…heroik banget. Hebat pula. Yuda berhasil melewati rintangan kedua itu…Tapi malem itu ternyata dia masih belum bisa tidur nyenyak sesegera mungkin seperti apa yang dia inginkan. Ia kembali terlibat dalam sebuah perkelahian dengan beberapa orang…untuk menyelematkan Adit…

Yuda malam tu agaknya uda kepalang basah…jadi mandi sekalian. Apalgi sosok ini cukup bertanggungjawab agaknya. Pas itu soswit banget pas Astri dan Yuda saling berbagi di tempat yang juga rowmantis…Aku dak tau nama tempatnya tu, intine tu sebenere dak layak untuk tempat orang tidur, tapi malah jadi romantis. Mungkin dari situ sinyal merah jambu itu mulai muncul…Cuma ga ada yang berani memulai. Ini nech, yang bikin pergelaran kisah asmara dak jua bisa dimulai..Ya karena ga ada yang berani memulai…pas itu malah si Astri yang bilang “Met night” ma Yuda. Yuda hanya nanggapin dingin… Selama ne sikap dan semua perhatiannya tu sebenere uda lebih dari cukup untuk nggambarin kalo ada yang lebih dibanding perhatian atas dasar rasa manusiawi. Cuma, mungkin ngomongnya sulit kale yeeeee…gataulah…

Astri dak gitu ajah bisa idup tenang, meski si Adit uda berhasil di sampingnya. Ia malah menghadapi masalah yang jauh lebih serem dari sebelumnya. Astri ini ternyata masuk dalam audisi cewe yang akan dikirim ke abroad dalam rangka trafficking. Ini ne, yang jadi masalah besar dan akhirnya mengantarkan alur pada gerbang-gerbang ending. Astri keburu masuk dalam lingkaran setan itu sebelum sempat diselametin oleh Yuda dan dalam waktu yang sama tengah menyelamatkan uang tabungan Astri yang disimpen di bawah tanah. Mereka bertiga (Yuda, Astri. Dan Adit) berencana akan ke Minangkabau ajah..sebab keadaan di Jkt uda ga memungkinkan lagi. Keren banget kalimate Yuda pas ngajakin Astri, dia bilang..”Kamu ikut aku ajah ke t4 aku,,di sana kita bisa idup tenang..Memetik tomat setiap hari”

Sangat disayangkan emang, Astri harus –dengan sangat terpaksa dan tanpa daya sedikitpun—menyerahkan keperawamannya pada bule yang juga menjadi EO trafficking itu. Adegannya sich ga ada yang panas, cuma aku langsung inget ma adegan-adegan di virgin2 gitu. Kasian banget emang…Naudzubillah banget dech, sebagai perempuan aku weddi bangat ngebayanginnya. Wis, abis gitu Astri agaknya akan segera berangkat ke abroad, sebab dia adalah peserta terakhir yang akan diberangkatkan dalam trafficiking edisi itu…

Paz itu, Yuda mati-matian membobol keamanan tempat itu…Demi menyelamatkan Astri tentunya. Wis dia abis-abisan. Banyak banget rintangan yang akhirnya berhasil ia lalui…Meddeni banget adegan laga kayak gene. Palagi kayak sing natural karena ndak pake senjata-senjata kayak gitu. Aku berkali-kali tereak dan miris saat Yuda mulai terkalahkan. Namun untungnya orang ne masih bisa bertahan mpe dia berhasil nyelametin Astri, juga semua orang yang rencananya akan diberangkatkan ke abroad itu…

Sayang, dan ini endingnya. Yuda ketusuk dari belakang ma aktor alias dalang ato EO trafficking yang juga bule itu…Yuda nyangka orang itu uda mati. Dia masih tercenung sebentar menyadari bahwa dia telah menyelamatkan jiwa banyak orang (selaen Astri) dan terlihat ingin mengistirahkan lelah..Memandangi sosok perempuan di hadapannya yang mati-matian dia selamatkan. Sial banget emang…Dan adegan inilah yang bener-bener nguras aer mataku..memaksanya melompat dari benteng-benteng ketegaran yang sedari tadi dibangun-hancurkan oleh adrenalinku yang nae turun…

Yuda pun sukses meninggal di pelukan perempuan yang baru dikenalnya beberapa hari namun uda membawa perubahan cukup besar dalam hidupnya. Menjadi stimulus paling kuat untuk melakukan suatu hikayat heroik yang bahkan belum pernah ia bayangkan sebelumnya. Menyedihkan pasti..Palagi adegannya emang didramatisir. Pake acara kayak ngasih wasiat gitu..Yuda uda terbata-bata menahan sakit…saat itu. Dia cuma ngasih pesesn untuk disampaikan ke keluarganya di Minangkabau..ngasih tasbih yang dijadikan sangu oleh ibunya—sebelum Yuda berangkat ke Jkt—dan…Mmm..yang bikin teriris, baru pada saat itu Yuda berani ngucapin jujur kalo dia sayang sama Astri. Pas itu darah yang berceceran di tangannya tu ga cukup menghalangi Yuda untuk nenangin si Astri yang merengsek dalam tangis sedannya, menuju kerapuhan.

Soswit banget pas Yuda ngelus pipine Astri tu…Hffffffffffhhhh…sayang itu adalah yang pertama dan terakhir. Hmhm..Si Astri sebenere masih punya dikit arepan agar Yuda masih akan bertahan. Dia masih ngeyakinin Yuda gitu…Kalo mereka akan segera mewujudkan keinginan yang sempat tertunda..Pulang bersama ke Minangkabau..Tapi sayang banget dan banget disayangkan, Yuda meninggal sesaat setelah itu..Dak lama. Aku dak bisa bayangin gimana kehilangannya Astri saat itu. Cuma bisa bantuin dia nangis thok aku…gatau gimana kacaunya pikirnku saat itu. Intine satu. Apapun bentuknya, perpisahan itu pasti HURT!! MENYAKITKAN!!

And the tears scroll down on my faces..Saat Astri digambarkan sudah betah tinggal di rumah Yuda. Bersama keluarga Yuda dan tentu si Adit yang pagi itu mau berangkat sekolah. Astri bener-bener metik tomat-tomat seger di pagi yang cerah itu..Cuma…sayang,,dia ga bareng dengan orang yang uda mengajaknya ke tempat ini. Kasian banget si Yuda. Banyak yang keilangan sosoknya…Ibunya, ayahnya, abangnya, Adit, dan tentunya Astri…

Otw btw, dosen yang juga kajurku pernah bilang kalo merantau itu kerap menjadi stimulus bagi pelakonnya untuk melakukan sesuatu yang terbaik, yang bahkan lebih baik dari apa yang bisa dilakukannya di tempat kelahirannya. Ada benernya juga, meski dak selamanya gitu. Ya dak selamanya manusia tu malah enak berkarier di perantauan. Kadang dia uda menemukan dunianya malah di tempat ia dilahirkan dan dibesarkan gitu…jadi inget Yuda yang punya cita-cita simpel thok, kalo dia cuma ingin ngelakuin yang terbaik..Untuk semua orang yang sudah terlanjur menitip harap di pundaknya, utamanya dalam episode perantauannya itu..

Dan Yuda emang berhasil membuktikan, kalo dia uda ngasih his best untuk membuat orang yang dicintainya bisa membanggakannya…dia dak sama sekali nyia-nyiain kerpecayaan dan harapan suci itu…

Dan epilognya…(karena lengan kananku uda keburu ngilu abis badmintonan tadi sehingga ga bisa lanjutin ngetik terlalu lama), ternyata cukup menyakitkan, bagi seorang Astri, yang terlambat menyadari bahwa ada seseorang yang luar biasa sayang sama dia…Somenone luv her much but she didn’t even know until the time is up…sayangnya, waktu emang dak akan pernah kembali dan memberikan kesempatan kedua bagi orang yang menyia-nyiakannya…

Bravo untuk pilem ini!!

0 comMentz: